Senin, 16 Januari 2017

ANOTASI BIBLIOGRAFI

Oleh :
Yakob Godlif Malatuny
Model Pembelajaran Kooperatif


Slavin, E. Robert (2007).
Cooverative Learning: Riset dan Praktik.
Bandung: Nusa Media 


Pembelajaran kooperatif menggalakan siswa berinteraksi secara aktif dan positif dalam kelompok (Slavin, 2007).

Komentar :
Pembelajaran kooperatif membuat siswa menjadi lebih berani untuk membangun komunikasi secara terus-menerus dengan temannya demi memecahkan masalah dalam pembelajaran.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran;
Mengembangkan Profesionalisme Guru.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalam model pembelajaran kooperatif, guru lebih berperan sebagai fasilitator yang berfungsi sebagai jembatan penguhubung ke arah pemahaman yang lebih tinggi (Rusman, 2014).

Komentar :
Jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif saat proses pembelajaran di kelas, maka ia akan melaksanakan perannya sebagai fasilitator untuk menjelaskan materi kepada siswa dan berusaha membuat mereka memahami lebih dalam isi materi tersebut.   


Nurulhayati, Siti (2012).
Pendekatan Kooperatif yang Menggairakan.
Wahana Informasi dan Komunikasi Pendidikan TK dan SD. Edisi 3

Pembelajaran kooperatif adalah strategi pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam satu kelompok kecil untuk saling berinteraksi (Nurulhayati, 2002).

Komentar :
Pembelajaran kooperatif lebih menekankan pada proses interaksi aktif siswa dengan teman kelompoknya demi mencasi solusi terhadap materi yang diajarkan.
    

Santjaya, I. Wayan (2006)
Pembelajaran Inovatif: Model Kolaboratif, Basis Proyek, dan Orientasi.
http://www.freewebs.com

Cooperative learning adalah suatu pendekatan yang menekankan kerja sama dalam kelompok (Santjaya, 2006).

Komentar :
Pembelajaran kooperatif membuat siswa aktif mengeluarkan pendapat dan saling berkerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru.

Johnson, B. Elaine (2002)
Contextual Teaching and Learning.
California: Corwin Press. Inc

Belajar cooperative adalah pemanfaatan kelompok kecil dalam pembelajaran yang memungkinkan siswa bekerja bersama untuk memaksimalkan belajar mereka dan belajar anggota lainnya dalam kelompok tersebut (Johnson 2002).

Komentar :
Pembelajaran kooperatif membuat siswa efektif dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran dan memberikan kesempatan bagi siswa yang lain untuk bertukar pikiran demi menyelesaikan tugas dalam kelompok.

Ibrahim, Muslimin. (2002).
Pembelajaran Kooperatif.
Surabaya: University Press

Pembelajaran kooperatif adalah suatu aktivitas pembelajaran yang menggunakan pola belajar siswa berkelompok untuk menjalin kerja sama dan saling ketergantungan dalam struktur tugas, tujuan, dan hadiah (Ibrahim, 2000).

Komentar :
Pembelajaran kooperatif menekankan pada aspek kerja sama, saling bergantung dalam sturuktur tugas, dan hadiah. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan potensi dalam pembelajaran bersama dengan teman sekelompok.

David W. Johnson and Roger T. Johnson (2009)
An Educational Psychology Success Story:
Social Interdependence Theory and Cooperative Learning
Journal Educational Researcher, Vol. 38, No. 5, pp. 365–379.
           
  The success of cooperative learning is largely based on its having a clear theoretical foundation and hundreds of validating research studies that point the way for operational procedures for practitioners such as teachers (Johnson and Johnson, 2009).

Komentar :
Pembelajaran kooperatif berhasil karena selalu mengacu pada teori dan hasil penelitian yang dilakukan. Hal ini juga menjadi acuan bagi guru dalam mengembangkan model pembelajaran kooperatif yang lebih efektif.

Kim J Herrmann. (2013)
The impact of cooperative learning on student engagement:
Results from an intervention.
Journal Active Learning in Higher Education 14(3) 175–187
The Author(s) 2013 Reprints and permissions:
sagepub.co.uk/journalsPermissions.

   Cooperative learning was introduced in tutorials to increase overall student engagement (Herrmann, 2013).

Komentar :
Pembelajaran kooperatif digunakan oleh guru untuk membuat siswa lebih aktif secara menyeluruh saat proses pembelajaran berlangsung.

Murat, Genc. (2016).
An evaluation of the cooperative learning process by sixth-grade students.
Journal Research in Education 2016, Vol. 95(1) 19–32
The Author(s) 2016 Reprints and permissions: sagepub.co.uk/journalsPermissions.nav.

Cooperative learning helps learners to rehearse, elaborate and expand their knowledge (Genc, 2016).

Komentar:
Pembelajaran kooperatif efektif membantu siswa berlatih memecahkan masalah dalam pembelajaran yang dianggap sulit dan memperluas pemahaman mereka tentang materi yang diajarkan.

Ella, Shoval and Boaz, Shulruf (2011)
Who benefits from cooperative learning with movement activity?
School Psychology International 32(1) 58–72
The Author(s) 2011 Reprints and permissions:
sagepub.co.uk/journalsPermissions.nav

Cooperative learning occurs when students work together in small heterogeneous groups performing group tasks set by the teacher (Cohen in Shoval and Shulruf, 2011).

Komentar :
Pembelajaran kooperatif terjadi ketika ada interaksi dan kerja sama dalam kelompok demi menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru.

Ella, Shoval and Boaz, Shulruf (2011)
Who benefits from cooperative learning with movement activity?
School Psychology International 32(1) 58–72
The Author(s) 2011 Reprints and permissions:
sagepub.co.uk/journalsPermissions.nav

Movement activity, which includes physical movement of all or parts of the body, can be used during cooperative learning as a way to demonstrate, clarify, express and apply an idea (Ben-Ari in Shoval and Shulruf, 2011).
.
Komentar :
Dalam model pembelajaran kooperatif diperlukan aktivitas, seperti gerakan yang meliputi gerakan fisik dari semua atau bagian tubuh yang digunakan selama pembelajaran sebagai cara untuk menunjukkan, mengklarifikasi, mengungkapkan dan menerapkan ide dari setiap siswa.

Kim J Herrmann. (2013)
The impact of cooperative learning on student engagement:
Results from an intervention.
Journal Active Learning in Higher Education 14(3) 175–187
The Author(s) 2013 Reprints and permissions:
sagepub.co.uk/journalsPermissions

Cooperative learning is concerned with framing student interaction in ways that are likely to raise positive interdependence and promotive interaction (Herrmann, 2013).

Komentar :
Pembelajaran kooperatif membuat siswa saling berinteraksi utuk meningkat pemahaman mereka terhadap materi pelajaran, selain itu dapat mempromosikan potensi diri mereka.


Lidarti, dkk.(2010).

Berkala Fisika Indonesia Vol 2, No 2: page. 29-38
Publisher: Pasca Sarjana Pendidikan Fisika
Universitas Ahmad Dahlan

Model pembelajaran kooperatif merupakan suatu model pengajaran dimana siswa belajar bersama dalam kelompok-kelompok kecil yang saling membantu satu sama lain dan tiap kelompok memiliki tingkat kemampuan berbeda/heterogen (Thompson dalam Lindarti dkk, 2010).

Komentar :
Dalam model pembelajaran kooperatif siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dengan tujuan saling membantu. Siswa yang memiliki kemampuan lebih dominan berperan dalam membantu siswa belum paham akan materi yang diajarkan. 

Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 13, No 2
Publisher: Universitas Negeri Malang
  
Pembelajaran kooperatif adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran (Lamba, 2006).

Komentar :
Model pembelajaran kooperatif efektif digunakan untuk membuat siswa aktif dalam berdiskusi, selain itu membuat mereka saling bekerja sama untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran.

Baroroh, Kiromim. (2009).
Jurnal Ekonomi & Pendidikan Vol 6, No 2.
Publisher: Fakultas Ekonomi UNY

Pembelajaran kooperatif muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temannya (Baroroh, 2009).

Komentar :
Ide tentang model pembelajaran kooperatif ada ketika melihat siswa lebih mudah mengetahui materi pembelajaran yang sulit karena saling bertukar pendapat dengan teman-temannya.

Robert White and Sokratis Dinos. (2010)
Investigating the Impact of Mediated Learning Experiences on
Cooperative Peer Communication During Group Initiatives
Journal of Experiential Education. Volume 32, No. 3

Argue that the benefits of cooperative learning depend on the background knowledge of the collaborators (Kneser and Ploetzner in White and Dinos, 2010)

Komentar :
Model pembelajaran kooperatif memberikan manfaat dalam pembelajaran, jika ada kolaborasi dari siswa dalam memecahkan materi di kelas.

Hogan, K., Nastasi, B. K., & Pressley, M. (1999).
Discourse patterns and cooperative
scientific reasoning in peer and teacher-guided discussions.
Cognition and Instruction, 17(4), 379–432.

However, a theory concerning cooperation should also simultaneously explain why cooperation is effective or what action or intervention is necessary to enhance effectiveness (Hogan, Nastasi, & Pressley, 1999).

Komentar :
Model pembelajaran kooperatif efektif digunakan dalam pembelajaran, karena merangsang siswa untuk melakukan tindakan berupa diskusi, dan kerja sama dalam kelompok.

Man, T. W. Y. (2007).
Understanding entrepreneurial learning:
a competency approach.
International Journal of Entrepreneurship and Innovation.
Vol 8, No 3, pp 189–198

Cooperative learning strategies form an important part of the individual learning process (Man, 2007).

Komentar :
Pembelajaran kooperatif merupakan bagian yang penting dalam proses pembelajaran, karena membantu setiap siswa untuk memahami isi pelajaran.

Goor, Mark B. and Schwenn, John O. (1993)
Explores cooperative learning strategies
that increase student-to-student interaction in an attempt
to meet the challenges of integrating all students.
Journal Intervention In School and Clinic
Vol. 29. Number 1 (pp. 6-16)

Cooperative learning is a set of instructional strategies that encourages cooperative student-student interaction over lesson content (Goor and Schwenn, 1993).

Komentar :
Pembelajaran kooperatif merupakan seperangkant instruksional dan strategi yang mendorong setiap siswa untuk melakukan interaksi dalam pembelajaran.

Harry, dkk. (2005).
Effects Of Cooperative Learning Strategy
On Undergraduate Kiniology Student’s Learning Styles.
Perceptual and Motor Skills, 2005, 101,525-530.

Cooperative learning can benefit both students and schools  (Harry, dkk. 2005)

Komentar :
Pembelajaran kooperatif baik digunakan dalam pembelajaran karena dapat menguntungkan kedua pihak yaitu siswa dan sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname