Jumat, 17 Agustus 2018

REFLEKSI KEMERDEKAAN


Oleh :
Aldi Yahya Kelirey
(Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Pattimura)
Tidak terasa bahwa sudah 73 tahun kita merdeka dari penjajahan asing. Tak terasa pula bahwa negara kita ini mengalami banyak perkembangan dan lika-liku dalam mempertahankan dan menghayati kemerdekaan ini.

Semestinya, peringatan hari kemerdekaan kita ini bisa menjadi momen bagi kita untuk merenungkan jasa dan perjuangan pahlawan-pahlawan kita, sekaligus merenungkan kembali tentang kondisi negara kita, apakah sudah merdeka sepenuhnya atau justru malah terjajah secara tidak sadar?

Sayangnya, momen hari kemerdekaan ini hanya dirayakan dengan lomba-lomba yang beberapa diantaranya tidak berhubungan dengan filosofi perjuangan atau kemerdekaan negara kita. Sah-sah saja jika ingin mengadakan beraga lomba untuk merayakan hari kemerdekaan.

Tetapi, alangkah lebih bijak jika hal tersebut bisa dijadikan sarana untuk merenungi jasa para pahlawan, sekaligus kemerdekaan negara yang kita cintai ini. Kita mesti mengenang kembali jasa para pahlawan kita yang berhasil menghantarkan kemerdekaan negara ini, sehingga kita bisa terbebas dari belenggu penjajahan dan mampu berkumpul di tempat mulia ini.

Mari kita jadikan momen hari kemerdekaan ini sebagai ajang untuk meresolusi atau merencanakan kontribusi kecil apa yang akan kita lakukan agar kemerdekaan kita tetap terjaga, dan agar negara ini damai sentosa. Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa supaya kemerdekaan ini bisa kita nikmati hingga generasi-generasi selanjutnya, semoga.***

Pejuang Pemikir
Pemikir Pejuang
MERDEKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname